Langsung ke konten utama

Unggulan

Penjelasan ‎root

~pict from Google~ Pernah dengar kata "root"? Atau sudah tau dan mau mencoba me-root ponsel Anda? Kalau belum tau fungsi, kerugian dan keuntungannya lebih baik jangan! Mungkin sebagian pengguna Android sudah tau itu. Secara harfiah, dalam bahasa Indonesia "root" artinya akar. Dengan kata lain, root berarti hal/proses yang dilakuan supaya bisa memiliki akses penuh dalam sistem operasi ponsel . Jadi kalau Anda me-root ponsel, apapun bisa dilakukan di ponsel dengan melewati proses-proses tertentu. Sistem operasi Android mempunyai basis Linux, sehingga bisa dimodifikasi. Pemilik Android ( pihak Google ) membolehkan pengguna memodifikasi OS-nya. Tapi ada beberapa ponsel dikunci sistem operasi Androidnya (biasa disebut Lock bootloader ). ~pict from Google~ Bisa di-root, Lock bootloader buat apa? Itu untuk keamanan ponsel Android, karena pengguna bisa melakukan apapun kalau ponselnya di-root, seperti mengubah sistem keamanan yang beresiko kerusakan pada perangkat atau pot

Sistem operasi ponsel

Adakah yang belum tau Android? Mungkin tidak. Ya, dari banyaknya ponsel yang ada, Android-lah yang paling banyak penggunanya. Berdasarkan persentase pembagian pasar pada kuartal 2 2011, Android mencapai 43% dari 100% keberadaan/penggunaan ponsel didunia. [menurut Gartner].

Tapi taukah apa itu Android sebenarnya? Yu' cari tau disini..! Saya akan menjelaskannya.

Android adalah sistem operasi mobile (/mobile operating system) berbasis Linux dan banyak digunakan oleh para pembuat ponsel genggam sekarang ini.

Sistem operasi mobile disingkat Mobile OS adalah sistem operasi yang mengendalikan sistem & kinerja barang-barang elektronik mobile, fungsinya mirip Linux, Komputer, Windows atau Laptop. Biasanya digunakan di ponsel pintar, tablet komputer, dan PDA Personal digital assistant (/Asisten digital pribadi).

OHA yang dibentuk oleh Google merilis Android 1.0 dengan HTC Dream ( T-Mobile G1) sebagai Android pertama di tahun 2008.

Itulah rangkuman penjelasan Android & OS; maaphkan atas kekurangannya!

Sejarah
Dari sisi sejarah operasi sistem telah lama hadir, tepatnya 20 tahun lalu. Sebelumnya ponsel hanya bisa mengirim & menerima pesan & panggilan. Seiring berjalannya waktu & berkembangnya teknologi, ponsel pun semakin canggih mampu melakukan banyak hal seperti komputer; hal itu terjadi karena adanya Mobile operating system pada ponsel masa kini (/smartphone).

Terus kapan ya smartphone pertama dirilis?

27 tahun lalu smartphone pertama dirilis (pada tahun 1993), dengan nama IBM Simon berfitur layar sentuh, PDA dan email.

Kemudian sistem operasi mobile modern pertama pada smartphone ya'ni Symbian, diluncurkan oleh Ericsson R380 pada tahun 2000. Lalu Microsoft pertama Windows CE pada smartphone diperkenalkan dan smartphone Blackberry pertama dirilis. Dan di tahun 2007 Apple iPhone dengan iOS diperkenalkan sebagai iPhone "mobile phone & internet communicator". Setahun kemudian barulah ponsel Android muncul. [sudah diterangkan di bagian atas artikel].

Itulah penjelasan & sejarah operasi sistem. Meski begitu saya tidak mencantumkan sejarah lengkap tentang operasi sistem, karena itu mohon maaph atas kekurangannya, dan sampai jumpa di pembahasan lainnya!

Postingan Populer

Back to top