Langsung ke konten utama

Unggulan

Penjelasan ‎root

~pict from Google~ Pernah dengar kata "root"? Atau sudah tau dan mau mencoba me-root ponsel Anda? Kalau belum tau fungsi, kerugian dan keuntungannya lebih baik jangan! Mungkin sebagian pengguna Android sudah tau itu. Secara harfiah, dalam bahasa Indonesia "root" artinya akar. Dengan kata lain, root berarti hal/proses yang dilakuan supaya bisa memiliki akses penuh dalam sistem operasi ponsel . Jadi kalau Anda me-root ponsel, apapun bisa dilakukan di ponsel dengan melewati proses-proses tertentu. Sistem operasi Android mempunyai basis Linux, sehingga bisa dimodifikasi. Pemilik Android ( pihak Google ) membolehkan pengguna memodifikasi OS-nya. Tapi ada beberapa ponsel dikunci sistem operasi Androidnya (biasa disebut Lock bootloader ). ~pict from Google~ Bisa di-root, Lock bootloader buat apa? Itu untuk keamanan ponsel Android, karena pengguna bisa melakukan apapun kalau ponselnya di-root, seperti mengubah sistem keamanan yang beresiko kerusakan pada perangkat atau pot

Asisten digital pribadi

Anda tau / pernah dengar Asisten digital pribadi? Itu loh.. Benda yang mirip ponsel.


Asisten digital pribadi atau bisa juga disebut komputer saku adalah alat elektronik berbasis komputer, bentuknya kecil jadi bisa dibawa kemana-mana.

Awalnya digunakan sebagai pengorganisir pribadi, seiring perkembangannya fungsinya juga bertambah, bahkan versi yang lebih canggih bisa sebagai telpon genggam, intranet dan internet lewat jaringan nirkabel.
Alarm, jam, kalender, kalkulator, dan telepon merupakan 5 fitur dasarnya.


Fitur-fitur yang ditambahkan seiring perkembangannya:

JAL
JAL (Jaringan Area Lokal) adalah fitur penting yang harus ada pada komputer masa kini. Jaringan ini bisa diaktifkan dengan bluetooth, infrared, kabel dan/atau wireless.

SPG
SPG (Sistem pemposisian global) adalah fitur untuk mengetaui posisi keberadaan si pengguna dan arah lokasi & mata angin.
Karena sudah ada pada komputer saku & ponsel, automatis tidak perlu membeli alat SPG yang lebih mahal & tidak efisien.

Hiburan
Sekarang komputer saku bisa untuk melihat foto, memutar musik, mendengarkan radio dan menonton Tv untuk menghibur si pengguna.

Kamera
Kamera & pemutar video telah dipasangkan di beberapa tipe komputer saku yang baru, efek animasi dan kemampuan memperbesar & memperkecil gambar juga diadakan.
Resolusinya? Resolusinya bervariasi tergantung jenis & merknya.

Layar sentuh
Layar sentuh digunakan dalam pengoperasian semua ADP; kenapa? Karena banyak fitur yang mengharuskannya memiliki layar yang besar.
Layar sentuh diterapkan sebagai tombol pemintas daripada ditambahkan papan ketik yang membuat bentuknya lebih besar & tidak efisien.
 
Penyimpanan
Kartu memori menambah dukungan pada komputer saku untuk melakukan banyak hal. Dengan ini pengguna bisa menambahkan banyak fitur tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan.

Permainan
Permainan sederhana, tersedia juga pada alat ini untuk menemani pengguna diwaktu senggang; beberapa jenis ADP telah menyediakannya langsung.

Sinkronisasi
Pernah dengar sinkronisasi? Ini adalah salah satu fitur yang penting dari sebuah ADP. Fungsinya pada komputer saku adalah untuk menghubungkannya dengan komputer dan memperbarui informasi data yang tersimpan seperti Microsoft outlook ke dalam ADP.

Fungsi
Apa fungsinya? Banyak.. Seperti komputer/smartphone, alat ini mampu mengakses infomasi, melihat dokumen, pendidikan, dan sebagai alat komunikasi.

Sejarah
Muncul pertama kali sekitar tahun 1986, ADP pertama bernama The Psion Organiser 2, bentuknya seperti komputer genggam dilengkapi papan ketik & layar yang kecil.

Apple meluncurkan Newton Messagepad dengan fitur yang lebih lengkap pada tahun 1993, lalu fitur inilah yang belakangan dijadikan aplikasi standar ADP, termasuk layar sentuh & slot memori. Tapi produksinya dihentikan pada tahun 1998 karena bentuknya terlalu besar, harganya mahal, dan penggunaannya rumit. Palm Computing diperkenalkan oleh Palm Pilot dengan bentuk yang muat di kantong/saku, harga murah, kapasitas memori lebih besar, dan menggunakan baterai AAA. Selanlutnya Microsoft meluncurkan Windows CE yang kemudian diadopsi oleh perusahaan komputer.

Sistem kerja
Prosesor & sistem operasi layaknya komputer dimliki ADP. Cara kerjanya sama dengan OS pada komputer, tapi desainnya khusus.
2 kesamaan sistem operasi pada komputer saku Palm & Pocket PC (Windows Mobile): bekerja dengan peranti lunak yang berbeda.
Pada penyimpanan tanpa kartu memori, data disimpan dalam RAM dan menggunakan baterai sebagai sumber daya (dulunya baterai A3).


Itulan penjelasan dari saya. Sekian & terimakasih kunjungannya! πŸ™

Postingan Populer

Back to top